LAPORAN
Perancangan Metode Pembelajaran Cd Interaktif Terhadap Mata Pelajaran TIK(Hardware Dan Software)
Tingkat SMP Dengan Menggunakan Macromedia Director


 Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8USr4eIhsewLXY96F-ZnaXdx0JeI-4q0SbCXKFp5QXFN_K3UEf6N3bqP3VWC4hORLK-qxeHZK2kuvJbTgtBPxytEVhuWEEunrP-ECqLuVy4Xtx4MnTEuzfmfZwynscjMn-GK20k6CA_jP/s1600/logo+upi.jpg

OLEH :
NAMA                          : SRIMULIATI
NOBP                            : 12101156110164
KELAS                         : TIK3


DOSEN PEMBIMBING :

Indra Wijaya,S.Pd

Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
jurusan pendidikan teknik informatika dan komputer
Universitas Putra Indonesia “YPTK” PADANG
2014 M/1435H


KATA PENGANTAR
Description: D:\gambar\64mb4r\Wallpapers\islami\BISM-8.TIF
Syukur Alhamdulillah, berkat rahmat Allah SWT yang telah memberikan segala karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini dengan baik dan tepat waktu. Dan tak lupa shalawat dan salam kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah berjasa besar dengan membukakan jalan dalam perkembangan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.
Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk memenuhi syarat untuk ujian akhir semester pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Putra Indonesia”YPTK” Padang. Adapun judul dari tugas ini adalah
PERANCANGAN METODE PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF TERHADAP MATA PELAJARAN TIK  (HARDWARE DAN SOFTWARE) TINGKAT SMP DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR”.
Dalam proses penulisan tugas akhir ini,penulis banyak sekali mendapat bantuan baik dalam terjadinya proses belajar mengajar dikelas maupun tidak dalam terjadinya proses belajar mengajar dikelas. Maka penulis ingin mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada yang terhormat:
1.    Bapak Indra Wijaya,S.Pd, selaku dosen serta pembimbing dalam menyelesaikan tugas akhir ini.
Penulis menyadari dalam penulisan tugas akhir ini, hasilnya masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis sangat mengharapkan saran-saran dan kritikan yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan tugas akhir ini.
                                                                                                                                       i
Akhir kata penulis berharap semoga tugas akhir yang sederhana ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi kita semua.
Padang,         Mei 2014

  Penulis

















                                                                                                                   ii
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………….………………………………....i
DAFTAR ISI.........………………………...……………………………iii
BAB I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang..................…………………………..............................1
B. Rumusan Masalah ..………..……………..............................................3
C. Batasan Masalah........……………………….........................................3
D. Tujuan ...................... .............................................................................3
   E. Manfaat..................... .............................................................................3   
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
   A. Pengertian CD Interaktif ………………....…………….…………….4
B. Komponen Multimedia.....……..............................................................6
          1. Teks
          2. Image
          3. Suara (Audio)
          4. Video
C. Animasi..................................................................................................11
                                                                                                                                              iii
   D. Pembelajaran Dengan Multimedia........................................................11
            1. Pengertian Media Pembelajaran
            2. Karakteristik Multimedia Pembelajaran
       3. Manfaat Multimedia Pembelajaran
E. Komputer.............................................................................................14
F. Software Yang digunakan...................................................................15
         1. Macromedia Director
         2. Macromedia Flash
BAB III
METODOLOGI PERANCANGAN
A. Perancangan………………………………………...........................19
B. Tujuan Perancangan...........................................................................20
C. Desain Program..................................................................................20
BAB IV
PEMBAHASAN DAN HASIL UJI KELAYAKAN
A.    Hasil Rancangan Tampilan……………………................................26




                                                                                                                                       iv
   BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan...............................…………...………………………33
B. Saran................................................................................................34
DAFTAR PUSTAKA

















                                                                                                                   v
BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak lepas dari multimedia. Perkembangan ini membuat banyak pekerjaan menjadi serba terkomputerisasi. Dan hal tersebut tidak luput dari aktivitas kita sehari-hari. Perkembangan dunia multimedia juga mempengaruhi perkembangan dunia pendidikan yang membuat suatu pembelajaran agar lebih interaktif dengan menggunakan komputer.
Multimedia menggunakan komputer untuk menggabungkan grafik, animasi, video dan audio yang bersifat integrasi ke dalam suatu bentuk pengajaran dan pembelajaran yang interaktif. Multimedia interaktif bukanlah suatu media untuk menyampaikan pengetahuan saja tetapi merupakan alat untuk membina pengetahuan. Multimedia ini berperan sebagai suatu alat komunikasi yang memberi kemudahan dalam proses pengajaran/ pembelajaran yang berguna untuk membimbing dan memperluas proses pemikiran penggunanya.
Pengembangan media pembelajaran Biologi berbasis multimedia perlu diimplementasikan dilingkungan pendidikan, penggunaan media pembelajaran yang berbasis multimedia bukan hal yang baru, walaupun masih sebagian kalangan yang dapat  mengembangkan  media berbasis  multimedia, baik dengan program Microsoft Power Point, atau program penghasil produk media pembelajaran berbasis multimedia lainnya. 
   Salah satu usaha yang diperlukan guru yaitu menyediakan dan menggunakan berbagai media pembejaran yang menarik perhatian siswa. Hal ini menuntut guru, agar guru dapat
                                                                                                                                       1
menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa,  sedangkan motivasi dapat mengarahkan kegiatan belajar, memberi semangat siswa untuk belajar, sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya juga. Guru sendiri dapat mempelajari berbagai software untuk membuat media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan para siswanya. Salah satu software yang dapat membuat berbagai media seperti animasi, gambar, suara dan sebagainya adalah Macromedia Director. Macromedia Director merupakan software (perangkat lunak) yang tidak hanya mampu menciptakan animasi yang menarik, tapi juga lebih interaktif, sehingga wajarlah bila Macromedia Director dapat menjadi salah satu solusi yang layak diperhitungkan. 
Oleh sebab itu dari semua uraian diatas, untuk memenuhi tuntutan tugas mata kuliah Teknologi Multimedia dan Internet, maka penulis mengambil judul tugas akhir  “Perancangan Metode Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Mata Pelajaran TIK (HARDWARE DAN SOFTWARE) dengan Menggunakan Macromedia Director”.


B.   Rumusan Masalah
            Secar garis   besar   dapat   dirangkum  bahwa permasalahan yang di hadapi adalah sebagai berikut :
1.    Apa itu CD Interaktif?
2.    Bagaimana merancang sebuah aplikasi edukatif yang diharapkan dapat membantu dalam proses pembelajaran siswa dengan menggunakan metode mengajar yang baru ?
3.    Bagaimana penggunaaan aplikasi edukatif ini, dapat merangsang dan memicu kecerdasan serta kreatifitas terhadap anak ?
2
C.   Batasan Masalah
            Agar pembahasan lebih terarah dan sesuai dengan yang diharapkan serta tidak meluasnya pembahasan yang timbul, maka perlu dibuat batasan masalah. Yaitu membahas masalah perancangan pembelajaran TIK. Dengan mempelajari dan menganalisa proses pembelajaran yang sedang berjalan sehingga dapat dilakukan perancangan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran.
D.   Tujuan
Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan ini adalah :
1.    Untuk menvisualisasikan pembelajaran TIK untuk sekolah dasar berbasis multimedia yang interaktif.
2.    Sebagai alat bantu belajar yang interaktif untuk siswa SMP dalam pelajaran TIK.
3.    Untuk pengembangan metode atau media penyampaian mata pelajaran TIK yang efektif.
E.   Manfaat
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat:
1.    Sebagai bahan masukan bagi penulis tentang bagaimana cara meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
2.    Sebagai masukan bagi guru bagaimana cara menggunakan metode demonstrasi dengan baik dan benar untuk mencapai hasil yang di harapkan.
3.    Meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran TIK.
4.    Meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK.

3
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.   Pengertian CD Interaktif
CD Interaktif berasal dari dua istilah yaitu CD dan Interaktif. CD berasal dari bahasa Ingris merupakan singkatan dari Compact Disc, sedangkan interaktif dalam KBBI diartikan sebagai dialog antara komputer dan terminal atau komputer dengan komputer.
Arsyad (2002) menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif adalah suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video rekaman dengan pengendalian komputer kepada penonton (siswa) yang tidak hanya mendengar dan melihat video dan suara, tetapi juga memberikan respon yang aktif, dan respon itu yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian.
 CD Interaktif adalah salah satu media interaktif yang bisa tergolong baru. Media ini sebenarnya merupakan pengembangan dari teknologi internet yang akhir-akhir ini berkembang pesat. Sebagaimana dimaklumi bahwa teknologi internet saat ini menjadi salah satu tolok ukur majunya suatu perusahaan.
CD Interaktif merupakan sebuah media yang menegaskan sebuah format multimedia dapat dikemas dalam sebuah CD (Compact Disk) dengan tujuan aplikasi interaktif di dalamnya. CD ROM (Read Only Memory) merupakan satu-satunya dari beberapa kemungkinan yang dapat menyatukan suara, video, teks, dan program dalam CD, disini terlihat bahwa sistem interaktif yang dipakai CD Interaktif sama persis dengan sistem navigasi pada internet, hanya yang berbeda di sini adalah media yang dipakai keduanya. CD Interaktif memakai media off line berupa CD sementara Internet memakai media on line.                                                                                                                                         4
 Media ini disebut CD Interaktif. Disebut media dikarenakan memiliki unsur audio-visual (termasuk animasi). Disebut interaktif karena media ini dirancang dengan melibatkan respon pemakai secara aktif. Karena itu, media ini berupa CD, maka dapat dikelompokkan sebagai bahan ajar e-Learning (Arsyad,2002).
Menurut Maroebeni (2008), kelebihan menggunakan CD Interaktif :
1.    Menambah pengetahuan. Pengetahuan di sini adalah materi  pembelajaran yang dirancang kemudahannya dalam CD Interaktif bagi pengguna.
2.    Tampilan audio visual yang menarik. Menarik di sini tentu saja jika dibandingkan dengan media konvensional seperti buku atau media dua dimensi lainnya. Kemenarikan di sini utamanya karena sistem interaksi yang tidak dimiliki oleh media cetak (buku) maupun media elektronik lain (film TV, audio).
Tahapan-tahapan dalam menggunakan media CD Interaktif dibagi menjadi 3 tahap, yaitu persiapan,pelaksanaan dan tindak lanjut.
1.    Tahap persiapan meliputi:
a.       Meneliti kelengkapan media audio interaktif dan petunjuk pemanfaatan.
b.      Memeriksa peralatan penyaji, bahan belajar, dan sarana penunjangnya.
c.       Mempelajari isi program.
d.      Mengatur ruangan, tempat duduk siswa, dan peralatan penyaji
e.       Menjelaskan tujuan yang akan dicapai, topik yang akan dipelajari, dan kegiatan yang akan dilakukan di kelas.
2.     Tahap Pelaksanaan:
a.       Guru berdiri di dekat peralatan pemanfaatan media dan tidak berjalan ke sana kemari yang dapat mengganggu perhatian siswa.
                                                                                                                                    5
b.      Memutar CD Interaktif dan mengatur volumenya.   
c.       Memperhatikan aktifitas siswa dan mengelola kelas sesuai rancangan pembelajaran yang telah ditentukan.
d.      Bila perlu hentikan CD Interaktif dan beri kesmpatan siswa untuk bertanya.
e.       Hentikan CD Interaktif dan memberi kesempatan siswa mengerjakan tugas bila pada media tersebut terdapat tugas yang harus dikerjakan.
f.       Bila perlu memutar ulang CD Interaktif pada bagian yang kurang jelas bagi siswa. 
3.    Tahap Tindak Lanjut
a.       Mengajukan pertanyaan tentang materi SD Interaktif.
b.      Memberikan penguatan, penjelasan tambahan, dan pengayaan terhadap materi yang telah didengarkan.
c.       Jika perlu memutars kembali media audio pada bagian-bagian tertentu.
d.      Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan isi program.
e.       Memberikan tugas/latihan dan tes sesuai dengan topik.
f.       Memeriksa jawaban siswa.
B.  Komponen Multimedia
1.  Teks
Teks adalah elemen paling awal dan sederhana dalam multimedia, yang biasanya mengacu kepada kata, kalimat dan alinea atau segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan. Dalam Multimedia, teks digunakan untuk menerangkan tentang arahan dalam aplikasi multimedia dan untuk mempersembahkan maklumat tentang sesuatu apilkasi multimedia tersebut. Pada macromedia flash, teks diistilahkan dengan type yang dapat diberi berbagai efek. Ada tiga jenis teks dalam flash yaitu :
                                                                                                                                    6
a)    Static Text Fields
        Merupakan teks yang bersifat tetap dan dalam pengoperasiannya tidak akan mengalami perubahan secara dinamis, biasanya digunakan dalam menampilkan informasi.
b)   Dinamic Text Fields
        Merupakan teks yang menyediakan variabel, dalam pengoperasiannya akan mengalami perubahan secara dinamis, dan untuk menampilkan informasi sesuai dengan variabelnya.

c)    Input Text Fields
Merupakan teks yang memungkinkan user memberikan masukan teks. Selanjutnya masukan tersebut akan ditindaklanjuti dengan aksi-aksi tertentu sesuai dengan script yang dimasukkan.       

2. Image
Grafik atau gambar merupakan sarana pembentukan informasi yang lebih mudah untuk dipahami. Gambar juga merupakan salah satu komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosaan dibandingkan dengan teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual.
Format file gambar yang digunakan dalam multimedia yaitu :
1.    PSD (Photshop Document)
Merupakan format file yang digunakan photoshop untuk menyimpan file yang
                                                                                                                        7
dibaut dan dimanipulasi. Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha
channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit.
2.    BMP
            Merupakan format grafis yang fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun Format ini mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit sampai 24 bit. Kelemahan format ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel serta ada kendala dalam pertukaran platform. Format file ini mampu menyimpan gambar dalam mode warna RGB, Grayscale, Indexed Color dan Bitmap.
3.    PICT
Merupakan format file default macintosh yang untuk membuat objek yang digambar secara bitmap maupun amper.
4.    JPEG ( Joint Photographic Expert Group)
   Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan. Format file ini sering dimanfaatkan untuk menyimpan gambar yang akan digunakan halaman web, multimedia dan publikasi elektronik lainnya. Dan juga mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format file ini berukuran relative lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya.
5.    EPS ( Encapsulated Postscript )
   Merupakan format file yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran
dokumen antar program grafis. Selain itu, format file ini sering pula digunakan 
                                                                                                                        8
ketika ingin mencetak gambar.
6.    GIF (Grafic Interchange File)
Format file yang terkompres yang dikembangkan oleh CompuServe.
7.    TIFF ( Tagged Interchange File Format )
            Format file terkompresi yang digunakan dipaket desktop publishing. Format file ini dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh dan Silicon Graphic).
8.    PNG ( Porttable Network Graphics )
   Merupakan format file terkompresi untuk menampilkan gambar pada World Wide Web, mempunyai kemampuan menampilkan gambar 24 bit dan menghasilkan latar belakang transparan. Format file ini berfungsi sebagai alternative lain dari format file GIF.
9.    PDF (Portable Document Format)
Format file ini digunakan oleh Adobe Acrobat dan dapat digunakan oleh grafik berbasis pixel maupun vector. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Indexed Color, Lab Color, Grayscale dan Bitmap.
3. Suara (Audio)
Sebuah aplikasi multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam produksi multimedia melalui suara, ampe, dan efek-efek suara. Suara dalam computer dapat disimpan dalam berbagai format.
Format – format file suara (audio) tersebut antara lain :
1.    MP3 (MPEG Audio Player 3)

9
algoritma audio lossycompression untuk mengurangi ukuran file.  File audio yang. Format file ini merupakan format audio yang paling popular. Menggunakan digunakan dalam suatu codec untuk melakukan encoding dan decoding suatu rekaman musik, dengan ekstensi *.mp3.
2.    MIDI ( Musical Instrument Digital Interface )
   File audio yang digunakan untuk menyimpan instrument music dengan ekstensi  *.mid.
3.    DAT ( Digital Audio Tape )
            Format file yang menggunakan head yang diputar serupa dengan Video Tape Recorder ( VTR ).
4.    WAV ( Waveform Audio )
Merupakan format file audio yang berbentuk digital, dapat dimanipulasi dengan perangkat lunak PC multimedia. WAV adalah standar audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM. WAV ini adalah format utama untuk menyimpan data audio mentah pada Windows.
(
http://pemogramanbascom.blogspot.com/2010/jenis-format-video.html)
4. Video
            Video adalah bagian dari gambar – gambar yang saling berurutan sehingga menimbulkan efek gerak. Gambar – gambar tersebut kemudian diproyeksikan diatas layer  ditambahi dengan objek teks atau animasi. Adapun format file dalm video antara lain :
1.    AVI (Audio Video Interleave)
               Merupakan format video dan animasi yang digunakan video untuk windows.
2.    MOV (Motion Overlay Video)
Format video dan animasi yang digunakan untuk mancintosh dan windows.
                                                                                                                                                10
3.    Motion Picture Expert Group ( MPEG )
                        Skema kompresi dan spesifikasi format file video digital.
4.    Shockwave
Merupakan format dari Macromedia Flash yang berekstensi, dikembangkan oleh Macromedia Format Shockwave.
5.    Real Video
Mempunyai ekstensi dan dikembangkan oleh real media.
C.  Animasi
Animasi merupakan kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi akan lebih mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Selain itu, animasi lebih menarik dan mudah dimengerti daripada hanya sekedar gambar karena lebih komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan. Teknik animasi dalam flash yaitu:
1.    Motion
Animasi pada flash yang digunakan untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik yang lain tanpa mengalami perubahan bentuk.
2.    Shape
Animasi pada Flash yang digunakan untuk mengubah atau mengganti suatu bentuk ke bentuk lain.
D.  Pembelajaran Dengan Multimedia
1.    Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasal dari kata medium yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar. Banyak pakar tentang media pembelajaran yang memberikan batasan tentang
                                                                                                                                    11
pengertian media. Terdapat beberapa definisi media, yaitu :
EACT yang dikutip oleh Rohani (1997:2) :
“Media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”
Djamarah (1995:136) :
“Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pembelajaran”.
Purnamawati dan Eldarni (2000:4)
“Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan pengirim ke penerima sehingga dapat meranngsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”.
     Sedangkan pembelajaran, menurut Wina Sanjaya (2008) “pembelajaran adalah proses kerjasama antara guru dan siswa dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada, baik potensi yang bersumber dari dalam diri siswa itu sendiri seperti minat, bakat dan kemampuan dasar yang dimilliki termasuk gaya belajar maupun potensi yang ada diluar diri siswa seperti lingkungan, sarana dan sumber belajar sebagai upaya untuk mencapai tujuan tertentu”.
     Sistem pembelajaran berbasis computer (PBK) ini dapat menyampaikan materi multimedia secara individual atau langsung kepada siswa dengan cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistem computer. Guru dapat melatih terus menerus sampai mencapai ketuntasan dalam belajar.
Dengan demikian PBK mempunyai prinsip pembelajaran diantaranya :
a.       Berorientasi pada tujuan pembelajaran
b.      Berorientasi pada pembelajaran individual
c.       Berorientasi pada pembelajaran mandiri
                                                                                                                                 12
d.      Berorientasi pada pembelajaran tuntas
2. Karakteristik Multimedia Pembelajaran
            Menurut Manongga, dkk (2009), karakteristik multimedia pembelajaran adalah sebagai berikut :
1.    Memiliki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
2.    Bersifat interaktif, dalam pengertiannya memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon penggunaan.
3.    Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain.
3. Manfaat Multimedia Pembelajaran
Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar dan pembelajaran adalah suatu kenyataan yang tidak bisa kita pungkiri keberadaannya. Karena memang gurulah yang menghendaki untuk memudahkan tugasnya dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pembelajaran kepada siswanya. Guru sadar bahwa tanpa bantuan media, maka materi pembelajaran sukar untuk dicerna dan dipahami oleh siswa, terutama materi pembelajaran yang rumit dan komplek.
Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi. Pada satu sisi ada bahan pembelajaran yang tidak memerlukan media pembelajaran, tetapi dilain sisi ada bahan pembelajaran yang memerlukan media pembelajaran. Materi pembelajaran yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi tentu sukar dipahami oleh siswa, apalagi oleh siswa yang kurang menyukai materi pembelajaran yang disampaikan.
            Secara umum manfaat media pembelajaran menurut Harjanto (1997 : 245) adalah :
                                                                                                                                                13
aMemperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis ( tahu  kata – katanya, tetapi tidak tahu maksudnya).
b.  Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
c.  Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif siswa.
d.   Dapat menimbulkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah.
E.  Komputer
            Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk
                                                                                                                                                14
kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung
jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
F.  Software Yang digunakan
1. Macromedia Director
Adobe Directoa (Macromedia Director) adalah platform authoring aplikasi multimedia yang dibuat oleh Macromedia, saat ini merupakan bagian dari system Adobe. Adobe Director mengijinkan pengguna untuk membangun aplikasi berdasarkan metaphor film, dengan user sebagai “sutradara” dari film. Adobe Director awalnya didesain untuk membuat urutan animasi, terdapat bahasa scripting handal tambahan yang disebut Lingo yang membuat Director menjadi pilihan popular untuk membuat CD-ROM dan kiosk standalone da nisi web menggunakan Adobe Shockwave.
Adobe Director mendukung projek multimedia 2D da 3D. Director juga mempunyai bahasa scripting handal yang mengijinkan interaksi dengan file eksternal dan Windows AVI yang digunakan untuk membentuk Antar muka grafikal dan membuat prototype aplikasi, sebaik membuat Kiosk yang berjalan pada CD dan DVD. Director juga dapat digunakan untuk pembuatan permainan interaktif dengan kekayaan grafik dan film Quicktime tambahan.
Director mendukung banyak format bitmap, audio video yang berbeda. Director 8.5 mempunyai tambahan kemampuan untuk mengimpor, memanipulasi dan menampilkan obyek 3D, selain itu juga mendukung vector graphics dan interaktifitas 3D (melalui
                                                                                                                                           15
Shockwave 3D). Sejak versi 8, Director dapat digabungkan dengan file animasi Flash. Fungsionalitas Director dapat diperluas melalui aplikasi plug-in yang disebut Xtras. Director dapat mengekspor projek untuk ditambahkan dalam situs meggunakan plug-in Shockwaves. File Shockwave mempunyai ektensi .DCR. Projek Director dapat diekspor sebagai aplikasi yang dapat dijalankan secara langsung yang disebut Projector. Projektor dapat dibangun pada system opersai Macintosh dan Windows.
Description: C:\Users\Rinny\Downloads\download (2).jpg
Tampilan Menu Utama Macromedia Director

2. Macromedia Flash
Sejak diperkenalkan pada tahun 1996, Flash atau Macromedia Flash menjadi sangat populer dan langsung mendapat tempat di hati masyarakat dunia web karena dapat membuat menampilkan animasi dan interaksi di web. Tetapi sejak bulan Desember 2005, perusahaan Macromedia dibeli oleh Adobe dan kini berganti nama menjadi Adobe Flash sejak versi 9 atau CS3.
Macromedia Flash adalah sebuah program grafis dan animasi yang keberadaannya ditujukan bagi pecinta desain dan animasi untuk berkreasi membuat animasi web interkatif, film animasi kartun, presentasi bisnis atau kegiatan, company/organization
                                                                                                                                                16
profile dan game flash yang menarik. Oleh karena itulah, maka pada program Macromedia Flash ini disediakan berbagai  fasilitas serta kemampuan penunjang lainnya yang berfungsi sebagai sarana untuk berkreasi guna melahirkan ide-ide yang tersimpan didalam pikiran kita. Dengan begitu, terbukalah jalan untuk menyalurkan ide-ide cemerlang yang kita miliki untuk mewujudkan karya – karya kita.
Kelebihan dan Kemampuan Flash
1.    Merupakan teknologi animasi web yang paling populer saat ini sehingga banyak didukung oleh berbagai pihak.
2.    Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik
3.    Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi
4.    Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi cantik, membuat permainan (game), aplikasi web dan handphone.
5.    Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.
Teknologi Flash
Flash sekarang bukan hanya sebagai software saja dengan nama Adobe Flash, tetapi juga merupakan suatu teknologi animasi di web. Jadi untuk membuat animasi web dengan format Flash (SWF) kita tidak harus menggunakan software Adobe Flash, tetapi bisa menggunakan software lain seperti SwishMax, Vecta 3D, Swift 3D, Amara, Kool Moves dan masih banyak lagi;

                                                                                                                                         17
Versi Macromedia atau Adobe Flash                                      
1.    Macromedia Flash 2 (1997)
2.    Macromedia Flash 3 (1998)
3.    Macromedia Flash 4 (1999)
4.    Macromedia Flash 5 (2000)
5.    Macromedia Flash 6 (2002) atau Macromedia Flash MX
6.    Macromedia Flash 7 (2003) atau Macromedia Flash MX 2004
7.    Macromedia Flash 8 (2005)
8.    Adobe Flash 9 (2007) atau Adobe Flash CS3
Description: C:\Users\Rinny\Downloads\download.jpg
Tampilan Menu Utama Adobe Flash CS3 Professional




                                                                                                                                          18
BAB III
METODOLOGI PERANCANGAN
A.  Perancangan
Verzello / John Reuter III
                                                                                                                                         
Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem : Pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan fungsional dan persiapan untuk rancang bangun implementasi : “menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk “.
John Burch & Gary Grudnitski
Desain sistem dapat didefinisikan sebagai penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.
George M. Scott
Desain sistem menentukan bagaimana suatu sistem akan menyelesaikan apa yang mesti diselesaikan ; tahap ini menyangkut mengkonfigurasikan dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem, sehingga setelah instalasi dari sistem akan benar-benar memuaskan rancang bangun yang telah ditetapkan pada akhir tahap analisis sistem.
Perancangan sistem dapat dibagi dalam 2 bagian, yaitu :
1.      Perancangan sistem secara umum / perancangan konseptual, perancangan logikal / perancangan secara makro.
19
2.      Perancangan sistem terinci / perancangan sistem secara fisik.
B.   Tujuan Perancangan
Tahap Perancangan / Desain Sistem mempunyai 2 tujuan utama, yaitu :
  1. Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem.
  2. Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada pemrogram komputer dan ahli-ahli teknik yang terlibat (lebih condong pada desain
sistem yang terinci).
C.   Desain Program
Pada bagian ini, penulis memberikan gambaran aplikasi yang akan dibuat dengan melalui desain program yang telah dirancang. Dari desain program yang dibuat akan menunjukkan dimana letak tombol satu dengan yang lainnya untuk memulai proses pembelajaran Biologi.
1.     Desain Halaman Intro
Halaman intro adalah halaman yang pertama kali keluar saat akan mengoperasikan sistem. Halaman intro akan tampil sebelum menu halaman utama dibuka. Berikut Gambar Desain Halaman Intro.
            
Pada desain halaman intro, selain diberikan gambar (image) juga dilengkapi dengan animasi. Dimana nanti akan berhubungan dengan Halaman Menu Utama.
                                                                                                                                    20
2.     Desain Halaman Utama
Description: D:\Bahan Kuliah\Semester IV\Teknologi Multimedia dan Internet\Tugas Akhir\Proposal\Rancangan\1.JPG                                                 
Menu Utama merupakan halaman inti dimana user akan dihadapkan dengan pilihan-pilihan (tombol) materi sesuai dengan materi yang diinginkan. Tombol-tombol pada menu utama tersebut terdiri dari :
1.      Tombol “Materi I”, untuk menuju halaman materi I
2.      Tombol “Materi II”, untuk menuju halaman materi II
3.      Tombol “Materi III”, untuk menuju halaman materi III
4.      Tombol “Materi IV”, untuk menuju halaman materi IV
5.      Tombol “Evaluasi”, untuk menuju halaman latihan
6.      Tombol “Video”, untuk menuju menampilkan Video yang berhubungan dengan materi.
7.      Tombol “Author”, untuk menuju halaman About Me
8.      Tombol “Exit”, untuk keluar atau menghentikan aplikasi
3.     Desain Materi I
Description: D:\Bahan Kuliah\Semester IV\Teknologi Multimedia dan Internet\Tugas Akhir\Proposal\Rancangan\2.JPG                                                              21                        
Pada halaman Materi I diatas, terdapat beberapa pilihan (tombol) untuk masuk ke dalam materi pelajaran yang terlebih dahulu dilalui oleh menu keterangan Materi I. Adapun tombol-tombol tersebut terdiri dari :
1.    Tombol “Back”, untuk kembali ke halaman utama.
4.    Desain Materi II

Description: D:\Bahan Kuliah\Semester IV\Teknologi Multimedia dan Internet\Tugas Akhir\Proposal\Rancangan\3.JPG
Pada halaman Materi II diatas, terdapat beberapa pilihan (tombol) untuk masuk ke dalam materi pelajaran yang terlebih dahulu dilalui oleh menu keterangan Materi I. Adapun tombol-tombol tersebut terdiri dari :
1.      Tombol “Tombol 1”, untuk menuju halaman keterangan
2.      Tombol “Tombol 2”, untuk menuju halaman keterangan
3.      Tombol “Back”, untuk kembali ke halaman utama
5.     Desain Materi III
Description: D:\Bahan Kuliah\Semester IV\Teknologi Multimedia dan Internet\Tugas Akhir\Proposal\Rancangan\4.JPG
                                                                                                                                    22
Pada halaman Materi III diatas, terdapat beberapa pilihan (tombol) untuk masuk ke dalam materi pelajaran yang terlebih dahulu dilalui oleh menu keterangan Materi I. Adapun tombol-tombol tersebut terdiri dari :
1.                   Tombol “Tombol 1”, untuk menuju halaman keterangan
2.                   Tombol “Tombol 2”, untuk menuju halaman keterangan
3.                   Tombol “Back”, untuk kembali ke halaman utama.
6.    Desain Materi IV
Description: D:\Bahan Kuliah\Semester IV\Teknologi Multimedia dan Internet\Tugas Akhir\Proposal\Rancangan\5.JPG
Pada halaman Materi IV diatas, terdapat beberapa pilihan (tombol) untuk masuk ke dalam materi pelajaran yang terlebih dahulu dilalui oleh menu keterangan Materi IV. Adapun tombol-tombol tersebut terdiri dari :
1.      Tombol “Back”, untuk kembali ke halaman utama.
7.     Desain Evaluasi
Description: D:\Bahan Kuliah\Semester IV\Teknologi Multimedia dan Internet\Tugas Akhir\Proposal\Rancangan\6.JPG
1.              Tombol “Materi I”, untuk menuju halaman materi I
23
2.              Tombol “Materi II”, untuk menuju halaman materi II
3.              Tombol “Materi III”, untuk menuju halaman materi III
4.              Tombol “Materi IV”, untuk menuju halaman materi IV
5.              Tombol “Home”, untuk menuju halaman utama
8.    Desain Halaman Profil
Pada halaman Author diatas berisi tentang keterangan dan profile dari penulis. Pada tampilan ini berisi biodata penulis dan tombol “Back”, untuk kembali pada Halaman Utama.
9.     Desain Halaman Exit
Halaman Menu exit merupakan isi dari tombol “Exit” pada halaman utama. Menu exit adalah menu untuk berhenti atau keluar dari aplikasi yang berisi tombol-tombol sebagai berikut :
1.              Tombol “Ya”, akan keluar dari aplikasi.
                      24
2.              Tombol “Tidak”, untuk kembali kepada Halaman Utama.
3.              Tombol “Back”, untuk membatalkan keluar dari aplikasi.
10.         Desain Halaman Help
Pada halaman Help diatas berisi tentang keterangan dan cara penggunaan dari CD Interaktif yang telah di buat. Pada tampilan ini berisi tombol “Back”, untuk kembali pada Halaman Utama.









                                                                                                                                         25      
BAB IV
PEMBAHASAN DAN HASIL UJI KELAYAKAN
A.      Hasil Rancangan Tampilan
Hasil rancangan tampilan merupakan rancangan antarmuka CD Multimedia Interaktif. Tampilan rancangan inilah yang merealisasikan terjadinya interaksi antara manusia dengan komputer. Hasil rancangan tampilan dapat dijelaskan di dalam poin-poin berikut ini.
1.      Halaman Intro
Halaman Intro merupakan halaman yang menggambarkan proses masuk ke halaman menu utama. Halaman Intro dilengkapi dengan animasi kimia. Gambaran halaman proses Intro adalah sebagai berikut :
Gambar 12. Halaman Intro
2.      Halaman Menu Utama
Halaman Menu Utama merupakan halaman Awal CD Multimedia
                                                                                                                                    26
Interaktif yang memiliki enam tombol navigasi yaitu tombol materi, tombol
latihan, tombol video, profil, tombol referensi dan tombol back. Gambaran halaman Menu Utama dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar 13. Halaman Utama
Pada Halaman Menu Utama ini terdapat beberapa tombol navigasi yang mempunyai fungsi masing-masing yang dijelaskan pada poin-poin berikut ini.
a.    Tombol materi. Tombol ini digunakan untuk memulai belajar dengan CD Multimedia Interaktif ini. Tombol ini akan mengantarkan pengguna ke halaman Submenu materi.
b.    Tombol profil. Tombol ini digunakan untuk melihat profil yang membuat cd interaktif.
c.       Tombol latihan. Tombol ini digunakan untuk memasuki halaman evaluasi atau latihan Umum untuk menguji kemampuan seseorang yang
27
menggunakan CD interaktif tersebut.
d.   Tombol video. Tombol navigasi ini digunakan untuk masuk ke halaman video tentang tik.
e.    Tombol referensi. Tombol navigasi ini digunakan untuk melihat referensi materi.
f.     Tombol back. Tombol navigasi ini digunakan untuk kembali ke halaman sebelumnya.
3.      Halaman Materi
Halaman menu (materi) merupakan halaman yang menampilkan beberapa materi yang terdiri dari : tombol hardware, tombol software, gambar komputer, dan tombol back. Gambar halaman materi dapat dilihat seperti dibawah ini :
Gambar14. Halaman Materi
4.      Halaman Hardware
Halaman hardware berisikan tentang materi perangkat keras komputer.

                                                                                                            28
Gambar halaman hardware dapat dilihat seperti dibawah ini:
                                                         
(a)                                                                      (b)
  
(c)                                         (d)
Gambar ( a,b,c,d) 15. Halaman Materi Hardware
Pada bagian halaman ini terdapat dua tombol dimana fungsinya yaitu:
           Tombol menuju ke halaman selanjutnya.
           Tombol menuju halaman sebelumnya.
5.      Halaman Software
Halaman Software menampilkan apa saja yang berhubungan dengan perangkat lunak komputer. Halaman ini terdiri dari beberapa halaman yaitu

                                                                                                            29
            halaman pengertian software dan halaman latihan.
 
(a)                                                   (b)
 
(c)                                             (d)
Gambar (a,b,c,d) 16. Halaman Software
6.      Halaman Latihan
Halaman menu Evalusai berisikan tentang soal-soal yang berhubungan dengan materi yang telah disampaikan. Pada menu ini terdapat 20 soal latihan. Gambar halaman latihan dapat dilihat seperti dibawah ini:
 
(a)                                                           (b)                                                                                                                          30
Gambar (a,b) 18. Halaman Latihan
Pada halaman ini terdapat tombol dan gambar dimana setiap tombol mempunyai fungsi.
        Untuk mengulang kembali latihan evaluasi.
7.      Halaman referensi
Halaman ini akan menampilkan tentang referensi materi.
Gambar 19. Halaman referensi
8.      Halaman Profil
Pada bagian halaman ini terdapat profil yang membuat CD interaktif.
                             31
Gambar 20. Halaman Profil
9.      Halaman Exit
Pada bagian halaman ini terdapat pernyataan apakah kita akan keluar dari program aplikasi CD interaktif.  Jika setuju keluar maka klik “YA”, apabila sebaliknya maka klik “TIDAK”. Berikut gambarnya:
Gambar 20. Halaman Exit
10.  Halaman Video
Pada bagian ini akan menampilkan Icon supaya User lebih mudah dalam menggunakan program aplikasi CD interaktif tersebut. Berikut gambarnya:
 
(a)                                                                                     
    Gambar (a) 21. Halaman Video            
32

BAB V
                                             SIMPULAN DAN SARAN                                           
A.    Simpulan
Kesimpulan yang diambil setelah melakukan perancangan dan pembuatan CD Multimedia Interaktif pada mata pelajaran TIK Tingkat  SMP adalah sebagai berikut ini.
1.      Perancangan CD Multimedia Interaktif ini merupakan sebuah media bantu pembelajaran yang digunakan untuk menunjang pembelajaran di sekolah,
2.      Struktur materi pembelajaran yang dirancang dan dibuat merupakan struktur materi untuk mata pelajaran TIK pada bab Hardware dan software.
3.      CD Multimedia Interaktif ini dirancang khusus untuk pembelajaran mata pelajaran TIK terutama pada bab Hardware dan software.
4.      CD Multimedia Interaktif ini dirancang dengan menggunakan beberapa aplikasi desain grafis. Perpaduan semua aplikasi ini dapat menghasilkan CD Multimedia Interaktif yang menarik dan menggunakan semua aspek multimedia.
5.      CD Multimedia Interaktif ini dimanfaatkan untuk pembelajaran yang bersifat mandiri dengan bantuan komputer.
B.     Saran
Adapun saran-saran yang diberikan setelah dilakukan perancangan dan pembuatan CD Multimedia Interaktif ini adalah sebagai berikut.
1.      Bagi para perancang dan pembuat perangkat lunak pembelajaran, diharapkan melakukan perancangan yang terencana dan tertstrukur. Susunlah rencana perancangan dengan rapi sebelum dilakukan pembuatan CD Multimedia Interaktif. Sehingga akan dihasilkan CD Multimedia Interaktif yang rapi dan terstruktur.

33
2.      CD Multimedia Interaktif ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi guru dan pihak terkait dalam merancang  suatu media pembelajaran interaktif, sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa
3.      Setelah pembuatan CD Multimedia Interaktif diselesaikan, lanjutkanlah ke tahap uji kelayakan. Tahapan ini akan menguji apakah CD Multimedia Interaktif yang dirancang dapat dimanfaatkan atau tidak.
4.      Lakukanlah teknik pengumpulan data yang benar untuk menghasilkan instrumen uji kelayakan yang valid dan reliabel.
5.      Lakukanlah pengembangan dan perbaikan terhadap isi CD Multimedia Interaktif secara berkala, sehingga materi yang disampaikan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan dan tuntutan kurikulum.












                                                                                                                       

                                                                                                                                                34

Comments

Popular posts from this blog

Tetaplah tersenyum Ibu

*Kabar Bahagia Untuk Ibu*